24 Maret 2008

GIOK - Memecahkan Misteri dari Batu Mulia Oriental

Giok yang juga dikenal dengan nama Jadeite adalah batu mulia yang penuh misteri. Terlepas daripada popularitas batu mulia ini di kalangan sosial China sebagai simbol dari keberuntungan, sangat sedikit orang yang mengerti bagaimana menilai batu mulia tersebut. Tidak seperti berlian yang mempunyai sistem-sistem penilaian, giok hanya mempunyai sedikit sistem penilaian. Giok juga batu mulia yang mempunyai pasar yang besar untuk Treatednya di pasar batu mulia.

Giok adalah salah satu batu mulia yang nilainya sangat tidak berkaitan dengan berat dan ukurannya. Sebuah batu mulia Giok dengan bentuk bulat dapat dijual dengan harga jutaan dollar, dimana sebuah gelang Giok mungkin hanya bernilai beberapa sen dollar. Bagaimana anda mengevaluasi batu misterius ini? Bagaimana tanda-tanda dari batu Giok sehingga anda dapat membedakan Giok yang asli dengan batu lain berwarna Hijau? Untuk menilai Giok digunakan 5 kriteria yaitu 3Cs dan 2Ts. 3Cs itu adalah Colour, Clarity, dan Cut. 2Ts adalah Transluency dan Texture

COLOUR

Warna adalah faktor yang paling penting dalam menilai Giok. Giok yang berkualitas tinggi mempunyai warna yang murni, kuat, dan terang. Warna Giok yang paling ideal adalah Hijau Kuat Emerald, namun kebanyakan Giok mengandung warna biru atau kuning. Kombinasi yang baik antara hijau, biru dan kuning bisa menciptakan warna hijau yang terang. Giok dengan warna hijau pucat, hijau kekuning-kuningan atau Hijau kebiru-biruan mempunyai nilai yang lebih rendah terlebih apabila warnanya tercampur dengan warna abu-abu atau coklat.

Giok juga muncul dalam warna Lavender yang sangat populer di kalangan muda dan bangsa barat, putih, kuning, merah kecoklatan, atau hitam. Giok natural berwarna merah dan giok kuning sangat langka. Giok dengan warna lebih dari dua juga sangat berharga. Giok dengan tiga warna yaitu, hijau, lavender dan merah disebut dengan nama Fu Lu Shou, yang menyimbolkan keberuntungan, kemakmuran dan langeng. Giok yang paling berharga disebut Wufu Linmen yaitu Giok yang mempunyai lima warna-hijau,merah,lavender,kuning dan putih.

Tidak ada komentar: