24 Maret 2008

Batu Giok Tiongkok

Giok sudah bersejarah sekitar 4 ribu tahun di Tiongkok, batu giok dan benda -benda kerajinan dari batu giok selalu digemari orang dari zaman ke zaman, hanya saja seni ukiran pada waktu itu relatif kasar. Orang zaman kuno sering melukiskan watak seseorang dengan perumpamaan batu giok. Misalnya kelembutan batu giok diperumpamakan sebagai kasih sayang, kekerasan batu giok diperumpamakan sebagai kecerdasan, kebeningan batu giok diperumpamakan sebagai kejujuran dan lain sebagainya. Oleh karena itu , sejak dahulu kala ada pepatah yang berbunyi , batu giok selalu mendampingi jentelmen atau orang yang berbudi luhur . Selain itu, batu giok mudah membayangkan orang pada keindahan dan kesucian. Olah karenanya orang pada zaman kuno menyebut wanita canti sebagai Yu Ni , yang artinya putri giok. Dan kemurnian batu giok sering dikiaskan sebagai kepolosan hati.

Pada zaman kuno orang bahkan menganggap batu giok berfungsi ajaib, dapat menyembuhkan penyakit, menangkal gangguan roh jahat, melindungi rumah dan mayat tak akan membusuk bila diberi perhiasan batu giok. Sedang pada zaman sekarang orang juga menganggap batu giok memiliki fungsi menjaga kesehatan, dapat merawat kulit, sehingga ada perkataan yang berbunyi, batu giok akan semakin bagus dengan dikenakan orang, dan sekaligus menjaga kesehatan orang yang mengenakannya.

Semua benda kerajinan batu giok pada umumnya terbagi dalam 2 jenis, yaitu barang hiasan dan perhiasan . Barang hiasan batu giok pada umumnya berbentuk agak besar, dan terutama untuk dipajang di lobi, ruang tamu dan ruang pertemuan. Sedang perhiasan batu giok terutama berbentuk cincin, gelang , kalung , liontin dan lain sebagainya. Pada zaman kuno batu giok digunakan pula sebagai hiasan pada pakaian dan topi kerajaan.

Benda-benda kerajinan batu giok yang diukir dalam 1001 bentuk dan motif memiliki arti simbolis yang kaya raya, mencerminkan cita-cita dan selera seni orang, dan memanifestasikan kebudayaan bangsa Tionghoa yang sudah bersejarah panjang. Benda-benda kerajinan giok Tiongkok terkenal di dunia dengan maknanya yang kaya, seni pengukirannya yang tinggi dan bentuknya yang indah. Komoditas ukiran giok Tiongkok telah diekspor ke 5 benua dunia , dan Tiongkok dijuluki sebagai Kerajaan Giok.

Batu giok alami terbagi dalam 2 jenis, satu jenis giok lunak dan satu jenis lagi giok keras. Yang disebut giok lunak pada umumnya batu giok yang bertingkat kekerasan 6 ke bawah atau lebih dari 5, terutama meliputi Qingyu atau giok hijau, Qingbaiyu atau giok hijau putih dan Baiyu atau giok putih, dan yang terbaik adalah yang disebut Yangzhibaiyu atau giok putih lemak domba, bernilai sangat tinggi. Selain itu masih terdapat banyak batu giok yang terkenal di Tiongkok, di antaranya giok Hetian dari Xinjiang, giok Xiuyen dari Tiongkok timur-luat, Giok Lantian dari Shanxi , giok Dushan dan giok Mishan dari Henan serta giok dari Hubei.

Sedang yang disebut batu giok keras adalah zamrud. Zamrud dijuluki sebagai raja batu giok, sama berharganya dengan Rubin dan Nilam . Tingkat kekerasan Zamrud sekitar 6,5 sampai 7. Pembentukan batu alam seperti itu memerlukan waktu panjang ratusan ribu tahun, bahkan jutaan tahun, maka sangat mahal karena amat langka. Di Tiongkok terdapat banyak seni ukir giok yang terkanl , antara lain seni ukir Beijing, seni ukir Yangzhou, seni ukir Kuangzhou, seni ukir Fuzhou dan seni ukir Henan, di antaranya seni ukir giok Beijing terbilang paling bagus, karena merupakan warisan seni ukir istana , seni ukir Yangzhou juga sangat halus. Benda kerajinan dari Zamrud baik berbentuk barang hiasan maupun perhiasan adalah sangat berharga.

Tidak ada komentar: